PEMBERDAYAAN PEREMPUAN UNTUK KESEHATAN DAN EKONOMI KELUARGA

Odin 23 Februari 2020 06:25:24 WIB

Yayasan Nurani Luhur Masyarakat atau lebih sering dikenal dengan nama YNLM merupakan salah satu organisasi non-profit yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara. Organisasi YNLM pada saat ini melakukan proyek pengembangan masyarakat yang meliputi bidang kesehatan, pendidikan, dan livelihood (Pertanian dan Nelayan). Dalam melakukan proyek pengembangan masyarakat, YNLM melakukan kerjasama dengan pemerintah, masyarakat serta organisasi terkait lainnya.

Desa Sukadana merupakan salah satu desa dampingan YNLM yang ada di Kecamatan Bayan. Di Desa Sukadana, YNLM menjalankan proyek pengembangan masyarakat di bidang kesehatan dengan memberikan pelayanan makanan bernutrisi pada target sasaran melalui pembentukan PONIA. PONIA atau Pos Nutrisi Ibu dan Anak merupakan kegiatan pelayanan pemberian makanan bernutrisi pada ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia 0-36 bulan.

Kegiatan PONIA dilakukan dalam bentuk dapur umum yang difokuskan pada pemenuhan nutrisi sesuai standar gizi yang menyasar dan fokus pada anak usia 0-36 bulan, ibu hamil, ibu menyusui dan masyarakat sekitar sebagai relawan aktif. Kegiatan PONIA bukan hanya memberikan pelayanan makanan bernutrisi tetapi juga sebagai sarana promosi kesehatan kepada masyarakat, seperti promosi hidup bersih dan sehat, pendidikan nutrisi, pertolongan pertama, perlindungan dan keselamatan, kelas memasak, dan lainnya. Dengan adanya kegiatan PONIA tersebut, sebagai salah satu upaya pemenuhan nutrisi gizi seimbang dalam mempertahankan status gizi anak sehingga tidak rentan terkena kondisi anak gizi kurang, gizi buruk, bahkan stunting.

Selain pendampingan untuk kesehatan ibu dan anak, YNLM juga memberikan pendampingan pembentukan Usaha Mandiri Kelompok. Tujuan pembentukan usaha mandiri kelompok ini sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Selain itu juga sebagai sarana bagi ibu-ibu untuk mengasah dan meningkatkan skill dan potensi yang dimilikinya serta menjadi wahana untuk menyalurkan ide-ide kreatif. Keanggotaan usaha mandiri kelompok ini berasal dari berbagai unsur, seperti PKK desa, kader posyandu, relawan PONIA, masyarakat umum, bahkan melibatkan pemerintah desa.

Salah satu usaha mandiri kelompok yang baru terbentuk adalah usaha mandiri kelompok “SAMUDRA PELANGI” yang diketuai langsung oleh Ketua PKK Desa Sukadana sekaligus Ibu Kepala Desa Sukadana yaitu, Ibu Siti Hamidah.

            Dengan adanya usaha mandiri kelompok ini, sebagai salah satu upaya menjalankan program prioritas yang dicanangkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia yakni peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan.

Komentar atas PEMBERDAYAAN PEREMPUAN UNTUK KESEHATAN DAN EKONOMI KELUARGA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sukadana

tampilkan dalam peta lebih besar